Selasa, 20 Desember 2011

Makanan Untuk Bayi



Setelah bayi selesai ASI eksklusif selama 6 bulan. saatnya para ibu mulai memberi makanan pendamping ASI.
Ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan dalam pemberian makanan pendamping ASI yakni fungsi pencernaan bayi, kebutuhan makan bayi, serta tingkat usia bayi. Bayi usia 6-7 bulan merupakan usia awal bayi mengenal makanan. Fungsi pencernaan sudah cukup baik namun belum optimal. Sebaiknya bayi diberi makanan yang dihaluskan disaring atau diblender sampai lembut supaya pencernaan bayi tidak kaget saat menerima makanan.

Usia 7-9 Bulan sistem pencernaan bayi sudah berkembang. Gigi geligi mulai tumbuh tingkat keinginan bayi untuk merasakan berbagai macam makanan juga mulai tumbuh jadi ibu harus bisa kreatif membuat makanan bayi yang berbeda-beda setiap harinya. Pada usia ini bayi sudah boleh dibelikan nasi lembik atau disaring agak kasar supaya merangsang pertumbuhan gigi bayi

Usia 9-12 Bulan. Pada usia ini gigi bayi sudah mulai tumbuh banyak perkembangan motorik bayi juga berkembang pesat. Pencernaan juga mulai berfungsi baik. Pada usia ini bayi bisa diperkenalkan dengan makanan semi padat. seperti nasi Tim dan makanan dicincang kasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar