Rabu, 21 Desember 2011

Perawatan Bayi Prematur Metode Kanguru




Terinspirasi dari metoda kanguru dalam membesarkan anaknya, sekarang banyak rumah sakit yang menerapkan perawatan metode kanguru (PMK) untuk menangani bayi premature. PMK dilakukan dengan cara meletakkan bayi diantara payudara ibu atau di dada ayah. Karena bayi belum mampu mengendalikan suhu tubuhnya sendiri. Bayi harus dipakaikan topi hangat untuk menghindari penguapan panas dari kepala. Bayi harus telanjang dada, hanya memakai popok yang tidak menutupi pusarnya, ibu atau ayah pun harus telanjang dada jadi terjadi kontak skin to skin.

Setelah bayi diletakkan didada, bayi dibungkus selimut atau stagen atau kantung yang didesign khusus untuk PMK sehingga kehangatan tubuh ayah/ibu akan berpindah ke bayi sehingga membuatnya hangat.

Sentuhan antara kulit orang tua atau bayi akan membuat bayi merasa nyaman. Bayi yang dirawat dengan metode ini akan mencium menyentuh dan merasakan denyut jantung dan nafas orang tuanya. Hal itu sangat membawa keuntungan yang besar bagi bayi serta orang tua yang merawatnya. Metode ini dilakukan jika bayi bernafas sendiri. Dan dihentikan ketika berat bayi telah mencapai 2.5 kg.



Beberapa manfaat PMK :

a.       Bayi dapat mempertahankan suhu tubuhnya
b.      Bayi dapat mengatur nafas serta denyut jantungnya
c.       Bayi akan bertambah berat badannya
d.      Bayi akan tidur lebih nyenyak dan lama
e.       Bayi lebih tenang, tidak rewel /menangis
f.       Meningkatkan keberhasilan program pemberian ASI karena PMK akan menstimulasi produksi ASI
g.      Membuat kondisi fisik dan mental bayi serta ibu pulih dengan cepat
h.      Menciptakan ikatan kuat antara orang tua dan bayi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar